Resep Cumi Cabe Hijau


Resep Cumi Cabe Hijau. Penggemar Makanan Seafood tentu tidak asing dengan menu Cumi Asin cabai hijau. Cumi asin yang diolah bersama cabai hijau dan tomat menghasilkan citarasa pedas yang segar. Jika Anda mempunyai Bahan Cumi-Cumi tapi bingung mau dimasak apa. Anda bisa mencoba Tumis cumi asin cabai hijau ini sendiri di rumah, karena untuk membuatnya benar-benar mudah dan cepat. Namun, anda tetap harus memperhatikan proses pengolahannya. Supaya cumi asin tidak keras dan alot. Anda Bisa Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini:

1. Pilih cumi asin polos atau Cumi dengan telur

Ada 2 jenis cumi asin yang paling banyak dijual di pasaran, yaitu yang polos dan yang bertelur. Untuk rasanya, sebenarnya sama saja. Sama-sama asin dan gurih. Perlu diketahui tekstur cumi asin yang polos cenderung lebih keras saat dimasak karena dalamnya kosong.

Sayangnya, tidak semua orang suka menyantap cumi yang memiliki telur di dalamnya. Jadi, supaya tidak salah masak dan hasilnya sesuai dengan selera, tentukan dulu akan pakai cumi asin yang polos atau yang bertelur. Kalau anda tidak tahu bedanya, jangan ragu untuk bertanya kepada penjual, ya.

2. Rendam cumi asin dengan air hangat agar menjadi empuk dan tidak terlalu asin

Cumi asin dibuat dengan melewati proses pengeringan. Makanya, tidak heran kalau tekstur mentahnya cukup keras. Untuk Menjadikan Cumi Lebih empuk, Rendam cumi asin dalam semangkuk air hangat. Proses perendamannya kira-kira selama 15-30 menit, bahkan hingga semalaman. Tergantung dengan keempukan yang anda inginkan. Kemudian, cumi bisa dibilas dengan air mengalir dan ditiriskan untuk dimasak.

Merendam cumi asin dalam air hangat sebelum dimasak, Tidak hanya membuat empuk, tapi juga dapat mengurangi rasa asinnya. Sehingga ketika dimasak, rasanya akan jadi lebih lezat.

3. Gunakan cabai hijau besar dan iris serong

Selain cumi asin, cabai hijau adalah bahan utama dari masakan ini. Gunakan Cabai hijau besar karena Jenis cabai ini memiliki aroma yang lebih harum dan rasa yang tidak terlalu pedas. selain itu, dalam cabai hijau besar juga ada citarasa sedikit manis. Jadi, sangat pas untuk membuat citarasa masakan cumi asin cabai hijau yang lezat.

Iris-iris secara serong Cabai hijau besar ini , usahakan jangan terlalu tipis. Supaya tidak mudah gosong dan warnanya tetap hijau cantik Iris dengan ketebalan sekitar 0,5 cm .

4. Tambahkan cabai rawit iris, bagi Anda Pecinta Masakan Pedas

Pastinya ada di antara anda yang suka sekali dengan makanan pedas. Tambahkan saja cabai rawit iris sesuai selera, jika ingin tumis cumi asin cabai hijau ini terasa lebih pedas.

5. Tumis cabai hijau dan bumbu terlebih dulu

Langkah pertama dalam membuat tumis cumi asin cabai hijau ini adalah menyiapkan bumbu utama. Tumis cabai hijau bersama bawang merah, bawang putih, jahe iris, lengkuas yang dimemarkan, serta daun salam. Tambahkan tomat hijau yang sudah dipotong-potong kotak, agar tercipta sedikit rasa segar. Tumis semua bumbu diatas hingga tercium harum.

6. Masukkan cumi asin dan bumbui dengan saus tiram serta kecap manis

Jika bumbu sudah tercium harum, masukan cumi asin. Aduk-aduk hingga cumi tercampur rata dengan seluruh bumbu. Agar lebih sedap, tambahkan kecap manis dan saus tiram ke dalam tumisan. Aduk kembali tumisan bumbu bumbu tercampur rata. Perpaduan saus tiram dan kecap manis ini akan memberikan citarasa manis-gurih.

7. Tambahkan sedikit air dan masak hingga meresap

Agar bumbu meresap sempurna dan cumi asin cepat empuk, tambahkan segelas air matang ke dalam tumisan. Aduk rata dan biarkan hingga air menyusut.

Kalau anda suka tumisan dengan sedikit kuah, jumlah air yang dimasukkan bisa dilebihkan dan matikan api tanpa perlu membiarkan air menyusut. Kuah tumisan ini nantinya memiliki rasa yang gurih dan nikmat saat dituangkan ke atas nasi hangat.

Tumis cumi asin cabai hijau selalu bisa jadi pilihan kalau sedang bingung mau masak dan makan apa. Proses Memasaknya mudah, cepat, dan yang pasti rasanya sudah jelas enak. Selamat mencoba, ya!

0 Response to "Resep Cumi Cabe Hijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel