Resep Soto Ayam Khas Jogja


Resep Soto Jogja, Soto adalah salah satu makanan nusantara yang memiliki banyak varian dalam penyajiannya. masing-masing daerah memiliki ciri khas dalam segi bahan, pembuatan, dan penyajiannya. Ada Beberapajenis soto yang sangat Akrab Dengan Telinga Kita, ada soto lamongan, soto surabaya, ada coto makassar, ada sroto sokaraja, soto betawi, dll. 

Uniknya, hampir setiap daerah Memiliki Resep yang berbeda dalam pembuatan jenis makanan ini. salah satu kota yang memiliki resep unik adalah soto jogja. mungkin jogja lebih identik dengan makanan khas Gudeg. namun ternyata jogja juga memiliki soto khas jogja. Tertarik Untuk Mencoba Membuat resep Soto Jogja. Langsung kita simak berbagi resep berikut ini: 

Bahan-bahan :
  1. daging ayam kampung segar sekitar  ½ ekor 
  2. 1500 ml air bersih 
  3. 3 lembar daun salam 
  4. 2 buah tomat merah matang
  5. 1 batang daun serai 
  6. 1 sendok teh garam  
  7. Minyak untuk menumis


Bumbu Halus Soto Jogja :
  1. 5 butir bawang merah 
  2. 3 butir bawang putih 
  3. kaldu ayam 2 blok 
  4. 2 butir kemiri 
  5. 1 sendok teh merica butir 


Bahan Pelengkap Soto Jogja :
  1. Nasi putih hangat
  2. daun kol 100 gram, iris kasar
  3. tauge 50 gram 
  4. Tempe dan tahu bacem
  5. soun 50 gram , siram dengan air panas dan tiriskan
  6. daun seledri 2 batang , iris tipis
  7. daun bawang 2 batang , iris tipis
  8. Bawang goreng secukupnya


Cara Membuat :
Rebus air dalam panci, kemudian masukan garam, daun salam dan serai sampai mendidih. Masukan ayam dan hingga ayam menjadi empuk. Angkat ayam dan goreng sampai berwarna kecokelatan. Suwir-suwir ayam tersebut dan sisihkan.

Tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum dalam wajan yang sudah terisi minyak mendidih. Setelah bumbu tercampur rata, masukan tumisan pada kuah kaldu untuk memasak ayam. Masukan tomat dan blok kaldu sampai dirasa kuah sudah sesuai dengan selera.

Penyajian: Letakkan suwiran ayam, tauge, soun, dan daun kol. Siram dengan kuah panas. Taburkan daun seledri, bawang goreng, dan daun bawang. Tambahkan perkedel kentang, tahu dan tempe bacem. Soto Jogja asli siap dinikmati.

0 Response to "Resep Soto Ayam Khas Jogja "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel